Mewakili Aspirasi Perempuan Jabar Di Senayan, Ini Profil dan Program Anita Andrianie

Fokusparlemen.com, JAKARTA | Untuk pertama kalinya sepanjang sejarah pemilihan umum di Indonesia pada bulan April 2019 akan diselenggarakan Pemilu Serentak. Dengan demikian selain pemilihan Presiden dan wakil Presiden, Pemilihan Legislatif dari tingkat DPRD Kabupaten/Kota, DPRD Provinsi, DPD dan DPR RI akan digelar pada hari yang sama.

Melalui pesta demokrasi inilah, setiap warga negara, dengan berbagai latar belakang dan profesi nya, memiliki kesempatan dan peluang yang sama untuk memilih dan dipilih menjadi wakil rakyat.

Para wakil rakyat terpilih ini, baik laki-laki maupun perempuan memiliki kesempatan luas untuk berkarya bagi bangsa dan Negara, dan diharapkan mampu melakukan perubahan substansial bagi Negara Kesatuan Republik Indonesia tercinta.

Aturan tentang kewajiban kuota 30 persen bagi caleg perempuan adalah salah satu capaian penting dalam perjalanan demokrasi Indonesia pascareformasi. Aturan tersebut tertuang dalam sejumlah UU, yakni UU No. 31 Tahun 2002 tentang Partai Politik, UU No. 12 Tahun 2003 tentang Pemilihan Umum, UU No. 2 Tahun 2008 tentang Partai Politik dan UU No. 10 Tahun 2008 tentang Pemilihan Umum Anggota DPR-DPRD yang di dalamnya juga memuat aturan terkait Pemilu tahun 2009.

UU No. 2 Tahun 2008 mengamanahkan pada parpol untuk menyertakan keterwakilan perempuan minimal 30 dalam pendirian maupun kepengurusan di tingkat pusat. Angka 30 persen ini didasarkan pada hasil penelitian PBB yang menyatakan bahwa jumlah minimum 30 persen memungkinkan terjadinya suatu perubahan dan membawa dampak pada kualitas keputusan yang diambil dalam lembaga publik.

Seperti Halnya himbauan Sekjen partai terkait pilkada senyap, beberapa Caleg DPR RI dari Partai Garuda telah menyiapkan strategi strategi jitu untuk pemenangan ditahun 2019.

Salah satunya adalah Alumni UI, Anita Andrianie, wanita yang akan mewakili aspirasi perempuan jabar ini dikenal dengan sapaan Anita. Caleg DPR RI yang maju melalui Dapil Jawa Barat 7, Nomer Urut 4 Partai Garuda. Mengusung Semboyan ‘Setulus Hati Mengemban Amanah’ dan mempunyai tagar #Majubersama4nita akan siap bertarung memperebutkan satu kursi di Senayan DPR RI Masa Bakti 2019 -2024.

Anita mengungkapkan jika terpilih ia berharap ditempatkan di Komisi 7 DPR RI atau Komisi 3 DPR RI yang terkait dengan Hukum, Energi, Lingkungan Hidup,HAM, Keamanan.

” Sasaranku komisi 7 atau 3 terkait dg bidang hukum. Mungkin di sesuaikan dengan most update condition di wilayah purwakarta, karawang dan bekasi, potensi dan peluang daerah, issue2 sosial, budaya ,hukum, edukasi, riset & teknologi, pertambangan, lingkungan hidup, keamanan “. ujar Anita kepada media Fokusparlemen.com, Sabtu (29/09).

Anita Andrianie Caleg DPR RI Partai Garuda Dapil Jabar 7 Nomor 4 (Foto : MI/Ist)

Anita menjelaskan tujuannya terjun Ke dunia Politik ,salah satunya adalah untuk dapat turut serta mewujudkan Hak dan harapan masyarakat yg tercurah dalam pemilu. Pemilu adalah bagian penting dari mekanisme sistem demokrasi dan gerbang menuju perubahan yang lebih baik bagi Republik Indonesia. Jika masyarakat memilih wakil nya yang tepat dalam pemilu , maka seluruh harapan rakyat akan tercapai :
– Harapan akan terwujudnya kesejahteraan
– Harapan akan terwujudnya keadilan substantif
– Harapan akan adanya kontrol atas pemerintahan
– Harapan akan terwujudnya partisipasi aktif perempuan dalam kancah politik
– Harapan akan terciptanya partisipasi umat beragama sebagai segmen strstegis dalam kehidupan demokrasi.

Kesadaran kolektif untuk menuju perubahan Indonesia yang lebih baik adalah kunci untuk terlaksananya praktek pemilu yang sehat dan berkualitas.

(MI)

You may like

In the news
Load More