Menteri Kesehatan Setujui Pemberlakuan PSBB di Lima Kabupaten kota di Riau, Gubri Langsung Koordinasi

Screenshoot Surat Keputusan Menteri Kesehatan RI terkait pelaksanaan PSBB di lima kabupaten dan kota di Riau di luar Kota Pekanbaru.
ads

Fokusparlemen.id, Pekanbaru – Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto menyetujui pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di lima kabupaten dan kota yang ada di Provinsi Riau.

Persetujuan Menteri Kesehatan Terawan diputuskan melalui Surat Keputusan menteri Kesehatan Republik Indonesia tertanggal 12 Mei 2020 yang langsung ditandatangani oleh Menteri kesehatan Terawan Agus Putranto.

Dalam surat  bernomor: HK.01.07/MENKES/308/2020 tentang Penetapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di lima kabupaten dan kota meliputi Kampar, Pelalawan, Siak, Bengkalis dan Kota Dumai dalam rangka percepatan penanggulangan dan pencegahan Covid-19, ditetapkan beberapa diktum kebijakan yang harus dilaksanakan oleh pemerintah daerah di lima kabupaten dan kota di Riau dalam rangka pencegahan Covid-19.

Menkes menetapkan PSBB lima daerah tersebut berdasarkan pertimbangan:

a. bahwa data yang ada menunjukkan terjadi peningkatan dan penyebaran kasus Covid-19 yang signifikan dan cepat, serta diiringi dengan kejadian transmisi lokal di wilayah Kabupaten Kampar, Pelalawan, Siak, Bengkalis, dan Kota Dumai, Provinsi Riau.

b. Bahwa berdasarkan hasil kajian epidemiologi dan pertimbangan kesiapan daerah dalam aspek sosial, ekonomi, serta aspek lainnya, perlu dilaksanakan PSBB di wilayah Kabupten Kampar, Pelalawan, Siak, Bengkalis, dan Kota Dumai, Provinsi Riau, guna menekan penyebaran Covid-19 semakin meluas.

c. Bahwa berdasarkan pertimbangan sebagaimana dimaksud dalam huruf a dan huruf b perlu menetapkan keputusan menteri kesehatan tentang penetapan PSB di wilayah wilayah Kabupaten Kampar, Pelalawan, Siak, Bengkalis, dan Kota Dumai, Provinsi Riau dalam rangka percepatan penanganan Covid-19.

Terkait hal itu, Sekretaris Gugus Tugas Covid-19 Provinsi Riau, Syahrial Abdi, mengatakan, dengan keluarnya SK dari Pemerintah pusat melalui Menkes tentang penetapan PSBB tersebut, maka pihaknya langsung mengadakan rapat konsolidasi.

“Jadi pak Gubernur langsung memimpin penetapan dalam rapat konsolidasi malam ini di kediaman untuk penetapan PSBB Riau, dan lima kabupaten/kota. Tentu akan menjalani sesuai dengan arahan dari pak Menteri Kesehatan,” kata Syahrial Abdi, Selasa (12/5/2020).

Dengan pemberlakuan ini, berarti, ada enam daerah di Riau yang memberlakukan PSBB, yakni masing-masing Pekanbaru, Kampar, Pelalawan, Siak, Bengkalis dan Kota Dumai.*bazm3

ads
ads

You may like

ads
In the news
Load More
ads