DPR : Koopssus TNI Dapat Menjaga Kedaulatan Indonesia Didunia Maya (Cyber Sovereignty )

Foto :Koopssus TNI di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta |  Istimewa

FOKUSPARLEMEN.ID – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Bambang Soesatyo berpesan, agar Komando Operasi Khusus Tentara Nasional Indonesia ( Koopssus TNI ) dapat menjaga kedaulatan Indonesia di dunia maya atau kedaulatan siber ( cyber sovereignty ).

“Pasalnya, kini tak jarang aksi terorisme maupun inflitrasi budaya asing dilancarkan bukan lagi melalui serangan darat, laut, ataupun udara, melainkan melalui jaringan dunia maya,” ujar Bambang.

Menurut dia, berbeda dengan darat, laut, dan udara yang memiliki batas kedaulatan negara yang jelas, kedaulatan di dunia maya tidak memiliki batas-batas jelas.

Dalam keterangan tertulis yang dilansir Fokusparlemen.id, Selasa (30/7/2019) Bambang menjelaskan, Koopssus TNI pun harus bersiap menghadapi pertarungan di dunia maya itu.

“Jika dahulu kita mengenal perang militer, lalu kini ada perang dagang, di masa depan akan ada perang siber ( cyber war ),” ujarnya usai menghadiri peresmian Koopssus TNI di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta, Selasa (30/07/19).

Bendahara Umum DPP Partai Golkar 2014-2016 ini juga mengingatkan, sebagai badan baru, Koopssus TNI akan menjadi andalan bagi Indonesia dalam menyelesaikan misi negara, termasuk melawan siapa saja yang mencoba mengganggu kedaulatan Indonesia.

Dia berpendapat, Koopssus TNI tak perlu ragu melakukan tindakan militer sesuai peraturan perundang-undanganan untuk mempertahankan kedaulatan Indonesia.

Akan tetapi, Bambang menilai, Koopssus yang dibentuk berdasarkan Perpres Nomor 42 Tahun 2019 tentang susunan organisasi TNI, sebaiknya tidak hanya berkutat pada tindakan operasi militer semata.

Koopssus TNI juga harus aktif mengampanyekan perdamaian dan keamanan dunia yang lebih baik, melalui berbagai kegiatan humanisme.

“Di sisi lain, Koopssus TNI juga bisa bersahabat bagi siapa pun yang ikut dalam kampanye perdamaian dan membuat bumi menjadi lebih baik lagi untuk anak cucu dan generasi mendatang,” pungkasnya.

Sebagai informasi, acara peresmian Koopssus TNI dihadiri oleh KSAD Jenderal TNI Andika Perkasa, KSAL Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, KSAU Marsekal TNI Yuyu Sutisna.

Hadir pula Kasum TNI Letjen TNI Joni Supriyanto, Kabarhakam Polri Komjen Pol Condro Kirono dan Wakil Ketua DPD Nono Sampono. (*)

Sumber : Kompas.com

You may like

In the news
Load More