Akibat Covid-19, Senator Liow Ikut Paripurna DPD RI Virtual dari Kediamannya di Tomohon

Senator asal Sulut Ir Stefanus BAN Liow mengikuti sidang paripurna DPD RI ke-9Masa Sidang III Tahun Sidang 2019-2020 secara Virtual di rumahnyax Kelurahan Walian, Tomohon, Selasa (12/05/2020).
ads

FOKUSPARLEMEN.ID, TOMOHON – Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) menggelar Sidang Paripurna Ke-9 Masa Sidang III Tahun Sidang 2019-2020 secara Virtual, Selasa (12/05/2020).

Anggota DPD RI asal Sulut, Stefanus BAN Liow mengikuti paripurna itu dari kediamannya di  Kelurahan Walian, Kecamatan Tomohon Selatan, Kota Tomohon.

Senator Stefa, sapaan akrab Liow menjelaskan tiga agenda Sidang Paripurna DPD RI ke-9. Pertama, Lenyampaian Ikhtiar Hasil Pemeriksaan Semester II Tahun 2019 dan Penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan BPK RI.

Kedua Pengesahan Keputusan DPD RI. Ketiga Penutupan Masa Sidang III Tahun Sidang 2019-2020.

Dalam sambutannya, Ketua BPK RI Dr Agung Firman Sampurna, CSFA mengatakan bahwa sebagai lembaga negara, BPK RI melaksanakan tugas konstitusionalnya sebagaimana diamanatkan dalam Pasal 23 E UUD 1945, yakni memeriksa pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara.

Dan adalah penting menyampaikan hasil-hasil pemeriksaannya kepada DPD RI. Tujuannya agar DPD RI mendapatkan informasi mengenai pengelolaan keuangan negara, khususnya pengelolaan keuangan daerah.

Apalagi sebagian besar hasil pemeriksaan adalah tentang akuntabilitas pengelolaan keuangan daerah.

Dari Kantor BPK RI, Agung Firman Sampurna mengatakan apabila dibutuhkan, maka BPK RI membuka kesempatan kepada Pimpinan dan Anggota DPD RI untuk mendalami temuan-temuan hasil pemeriksaan.

Agung berharap agar sinergi DPD RI dan BPK RI dapat terus diperkuat dan dikembangkan, untuk pengelolaan keuangan negara yang lebih baik.

Dari Kompleks Parlemen Senayan Jakarta, Pimpinan DPD RI yang terdiri dari Ketua La Nyalla Mattalitti, Wakil Ketua I Nono Sampono dan Wakil Ketua III Sultan Najamudin Baktiar memimpin Sidang Paripurna ke-9 secara virtual melalui video teleconference dan live streaming.

Sedangkan Wakil Ketua II DPD RI Mahyudin mengikuti Sipur dari kediamannya di Kalimantan Timur.

Menurut Nono Sampono,  berhubung masih pandemi Covid-19, maka Anggota DPD RI tetap berada di daerah pemilihan masing-masing.

Selang tanggal 13 Mei-14 Juni 2020  melaksanakan tugas konstitusi dalam rangka penyerapan aspirasi daerah dan kelompok masyarakat (reses).

Senator SBANL alias Stefa mengatakan secara moral dan politik akan dipertanggungjawabkan hasil penyerapan aspirasi di daerah, dimana masing-masing komite mendapat penugasan dalam rangka penyusunan RUU dan Pengawasan Implimentasi UU serta untuk menjebatani aspirasi dan kepentingan daerah di pusat.(ndo/Tribunnews)

 

ads
ads

You may like

ads
In the news
Load More
ads