Waduh! Jelang Pelaksanaan Pilkada, Ketua KPU umumkan Positif Covid

Waduh! Jelang Pelaksanaan Pilkada, Ketua KPU umumkan Positif Covid

Ketua KPU Arief Budiman umumkan Positif Covid (foto : Ist)

Jakarta, Fokusparlemen.id – Pilkada sebentar lagi tepatnya akhir tahun, Desember 2020.

Hari ini publik dikejutkan dengan Ketua KPU RI, Arief Budiman, mengumumkan dirinya positif corona. Hal itu diketahui setelah Arief tes swab sebagai syarat mengikuti rapat tatap muka di Istana Kepresidenan hari ini.

Tanggal 17 September malam hari saya melakukan tes swab untuk digunakan sebagai syarat menghadiri rapat di Istana Bogor tanggal 18 September (hari ini) dengan hasil positif (COVID-19),” ucap Arief dalam pesan singkat, Jumat (18/9). Padahal, kata Arief, kemarin dia rapid test yang kesekian kalinya dan hasilnya nonreaktif.


“Kehadiran dalam rapat (selanjutnya diwakili oleh anggota KPU,” tuturnya.
Saat ini Arief menjalani isolasi mandiri di rumah. Arief tak menyebut ada gejala yang menyertai virus di dalam tubuhnya, termasuk tidak mengetahui sumber penularannya.
“Saat ini saya sedang menjalani karantina mandiri di rumah,” tuturnya.
Sebelum Arief, komisioner KPU RI lain, Evi Novida Ginting Manik, juga positif corona dan menjalani isolasi mandiri. Namun Evi tetap bisa menjalankan tugas secara virtual.

Pemerintah dan KPU saat ini yang tengah membahas regulasi Pilkada 2020. Sebab, Undang-Undang (UU) Nomor 6 Tahun 2020 tentang Pilkada masih mengakomodasi kegiatan yang berpotensi menjadi tempat penyebaran virus corona. Keputusan penyelenggaraan Pilkada tanggal 9 Desember 2020 telah tetap disepakati antara DPR, pemerintah, dan penyelenggara Pemilu (KPU, Bawaslu, dan DKPP) melalui Perppu nomor 2 tahun 2020.

‚ÄúSampai detik ini belum ada pemikiran dari kami Komisi II begitu juga pemerintah dan penyelenggara Pilkada memikirkan untuk melakukan penundaan Pilkada,” kata Guspardi dikutip dari IDNtimes, Jumat (18/9/2020). (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *