SELEKSI CALON ANGGOTA KPU KAB/KOTA WILAYAH SUMUT V CACAT HUKUM

HIMONI mendesak KPU RI segera batalkan Hasil Seleksi Timsel Sumut V! /Ist

FOKUS PARLEMEN, SUMUT | Indikasi adanya intervensi dan kecurangan yang terstruktur serta sistematis dalam proses seleksi calon anggota KPU Kabupaten Nias Selatan Periode 2018-2023 oleh Timsel Sumut V, semakin nyata.

Hari ini (Sabtu, 22/9/2018) Timsel Sumut V menerbitkan Pengumuman, yang berisi nama-nama calon anggota KPU Kab/Kota Wilayah Sumut V, termasuk Kabupaten Nias Selatan, yang lulus seleksi tahap Kesehatan dan Wawancara. Namun, tanggal yang tercantum, tercatat tanggal 24/9/2018. Tindakan ini nyata-nyata “mengangkangi”/ melanggar Keputusan KPU RI tentang Jadwal Tahapan Seleksi.

Anehnya, beberapa jam setelah pengumuman itu terbit, Timsel Sumut V menerbitkan pengumuman baru dengan mengganti tanggal, menjadi tanggal 22/9/2018.

“Berdasarkan Keputusan KPU RI No. 505, pengumuman calon Anggota KPU Kab/Kota di Wilayah Sumut V ini, seharusnya dilaksanakan pada Senin, 24/9/2018, kata Arianus Sarumaha, Wakil Ketua Himoni.

“Kami sebagai rakyat yang berkepentingan langsung terhadap pemilu sebab menyangkut kedaulatan rakyat, tidak tahu persis maksud dan tujuan Timsel menerbitkan lebih dini pengumuman ini, tapi kami menduga, ini semua by design untuk meluluskan pihak-pihak tertentu, kecam Arianus.

Indikasi adanya intervensi dan kecurangan yang terstruktur serta sistematis oleh Timsel Sumut V ini, sudah tampak sejak awak ketika banyak pihak yang mengganggu kinerja Timsel Sumut V, sehingga banyak keputusan terpaksa diubah.

Sebelumnya, Timsel Sumut V juga melakukan seleksi ulang administrasi tanpa dasar dan alasan yang jelas. 16 (enam belas) orang yang sebelumnya tidak lulus, diluluskan kembali.

Oleh karena itu, kami menyatakan sikap:

1. Mengecam tindakan Timsel Sumut V dalam seleksi calon anggota KPU Kab/Periode 2018-2023, sebab dilaksanakan dengan mengangkangi peraturan yang berlaku;

2. Mendesak dan menunut agar KPU RI membatalkan hasil seleksi calon anggota KPU Kab/Periode 2018-2023, yang dilakukan oleh Timsel Sumut V. Sebab, selain tidak berdasar dan melanggar hukum juga sarat dugaan intervensi dari pihak lain. (tim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *