Peresmian Proyek PLTB, Rivai Ras: Bukti Perhatian Pemerintah Pusat

Dr. Abdul Rivai Ras Pendiri Bro Rivai Center. Doc. Pribadi /Istimewa

FOKUSPARLEMEN.COM, Makassar – Presiden RI Joko Widodo akan meresmikan Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) Sidrap, Senin (2/7/2018). PLTB ini adalah proyek pemerintah pusat yang pertama dengan kapasitas 75 MW yang berlokasi di Desa Mattirotasi, Kecamatan Wattangpulu, Kabupaten Sidenreng Rappang, Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel).

Menurut Founder Brorivai Center, Abdul Rivai Ras, program ini adalah upaya pemerintah pusat untuk mencari alternatif enerji dalam menjawab program ketahanan dan kebutuhan enerji yang terus meningkat. Hal ini juga merupakan bukti perhatian pemerintah pusat terhadap kemajuan pembangunan Sulsel.

“Proyek ini sesungguhnya salah satu mega-proyek nasional yang menjadi primadona dan dibanggakan karena bukan hanya terbesar di Indonesia tetapi juga terbesar di Asia Tenggara. Karena itu, masyarakat patut bersyukur karena proyek ini akan dapat dinikmati oleh masyarakat Sulsel dan sekitarnya,” ungkapnya.

Rivai menilai bahwa proyek ini lahir atas kegigihan pemerintah daerah melakukan lobby ke pusat ketika gubernurnya Syahrul Yasir Limpo, agar PLTB ini ditempatkan di Sulsel. “Saya berharap pelanjut gubernur berikutnya dapat melakukan hal yang sama dalam mendorong kesejahteraan dan kemajuan ekonomi Sulsel”.

Perlu diketahui bahwa, PLTB ini dimulai pada tahun 2016, dan akan melayani 67.000 pelanggan listrik dengan daya listrik rata-rata 1.300 VA. Daya yang dihasilkan ini juga akan dialirkan ke Sistem Sulawesi Bagian Selatan yang meliputi Sulsel, Sulbar dan Palu (Sulteng).

“Pembangkit bertenaga angin skala komersial pertama di Indonesia ini diharapkan segera bisa memberi angin segar bagi pembangunan dan perekonomian daerah”. Imbuhnya.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *