Peluang Kandidat DPD Provinsi Aceh,  Dua Petahana H. Fachrul razi M.IP dan Sudirman Masih Dominan Menguasai Suara

Banda Aceh – Satu petahana tak nyalon lagi. Dua kursi Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Provinsi Aceh yang kosong jadi rebutan mudah bagi pendatang baru dalam kontestasi pemilu DPD di Provinsi Paling Barat Sumatera, Aceh. Itu artinya langkah pendatang baru atau new comer makin ringan menuju Senayan.

Berdasarkan data Komisi Pemilihan Umum (KPU), ada 26 calon senator Provinsi Aceh. Sedangkan 1 petahana tak nyalon lagi. Adalah Rafli Kande. Rafli memilih maju DPR RI dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Pada Pileg 2014, DPD RI Aceh terdapat Empat Calon Petahana diantaranya ; H. Fachrul Razi M.IP, Ghazali Abbas, Sudirman, terakhir Rafli Kande. Senator Petahana H. Fachrul razi masih mendominasi suara. Tahun 2014 Fachrul razi mampu menduduki kursi senator dengan meraih 345.915 suara Terbanyak. Ghazali Abbas meraup suara terbanyak kedua 144.505 suara, Sudirman mendulang 136.964 suara dan Rafli dengan 134.509 suara.

Foto:net

Salah satu calon yang punya peluang untuk meraih kursi senator Aceh tahun 2019 di Aceh adalah Ketua IKAT Aceh, Fadhil Rami. Lc. Sahabat dekat Dai Kondang Ust Abdul Somat ini diperkirakan akan mengisi dua kursi kosong dari dua Petahana Tangguh yakni H. Fachrul razi dan Sudirman menyusul menuju Senayan periode 2019 – 2024. Bukan itu saja, Ketua PWI Aceh Tarmili Usman juga ingin ‘naik kelas’ nyalon DPD.

diikuti Tokoh muda Aceh lainnya Andri Liska, Dr.Irsalina Husna Azwir Satu satunya Perempuan yang akan bertarung di DPD RI serta Fajran Zain juga tertarik jadi senator di pemilu tahun ini.

Bahkan, Mantan Gubernur Aceh Abdullah Puteh disebut-sebut sebagai calon terkaya lantaran laporan harta ke KPK Kandidat Calon gubernur Aceh nomor urut tiga Abdullah Puteh menjadi calon kandidat terkaya di Pilkada 2017. Ia memiliki aset mencapai Rp 55.823.447.147 dan USD38.462.

Abdullah Puteh Calon senator mengaku, keinginannya maju karena ingin mengembalikan marwah serta aspirasi Aceh di tingkat pusat. [MI]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *