Nelayan dan Warga Kepulauan Banyak Gelar Kenduri Laut

ACEH SINGKIL – Masyarakat Kecamatan Pulau Banyak Kabupaten Aceh Singkil melakukan tradisi kenduri laut. Adat turun temurun itu dilakukan masyarakat saban tahun sebagai bentuk rasa syukur masyarakat atas nikmat yang didapatkan selama ini.

Upacara adat kenduri laut berlangsung pada Kamis, (19/3/2019), yang melibatkan ratusan masyarakat dan panglima laut dari Desa Teluk Nibung, Pulau Balai, dan Pulau Baguk. Dalam tradisi ini warga menyembelihkan satu ekor kerbau untuk digunakan sebagai salah satu bagian dalam rangkaian adat.

“Acara ini sebagai rasa ungkapan syukur kita kepada Allah SWT. Dalam kegiatan ini kita juga berdoa memohon keberkahan dan keselamatan dalam melakukan pekerjaan sehari-hari,” kata Abuya Said Saleh, tokoh agama setempat.

Sementara itu panglima laut Pulau Baguk, Amrin mengatakan bahwa selama tiga hari terhitung sejar dilaksanakan kenduri laut, masyarakat dilarang untuk melaut. Ini sudah menjadi aturan adat yang ditetapkan oleh masyarakat setempat.

“Jika ada yang melanggar maka akan diberikan sinksi adat sebagaimana yang sudah berlaku selama ini disini,” kata Amrin.

Berdasarkan pengamatan, acara berlangsung khidmat. Seekor kerbau yang disembelih diambil dagingnya untuk dijadikan sebagai santapan siang secara bersama-sama.

Uniknya, setelah mengambil dagingnya warga mengisi batok kelapa dalam perut kerbau, dan kemudian menggabungkan dengan telapak kaki dan kepala kerbau dengan cara dijahit menggunakan tali sehingga menyerupai bentuk kerbau seperti aslinya yang nyaris utuh.

“Kepala dan badan kerbau yang sudah dijahit itu kemudian kita gotong bersama-sama ke dalam kapal untuk dibawa ke tengah laut. Kemudian tokoh agama baru menenggelamkan kepala dan badan kerbau itu menggunakan batu sebagai pemberat,” jelas Amrin.

Seluruh masyarakat termasuk anak-anak mengikuti acara kenduri laut tersebut. Kegiatan itu juga dihiasi dengan memberi santunan anak yatim. Dan bahkan warga menjadikan upacara adat istiadat itu sebagai objek wisata gratis. [Mft]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *