Ini Penjelasan dan Isi Surat Mendagri Tentang DOB Pemekaran Pemkot Kota Panton Labu

Fokusparlemen.com, Banda Aceh –Merujuk daripada surat Kementerian Dalam Negeri Nomor:135/7077/OTDA Jakarta Tanggal 15 September 2018, yang di tujukan kepada Plt.Gubernur Aceh untuk diteruskan kepada Bupati Aceh Utara ini harus segera dilakukan persiapan.

Hal ini disampaikan Hendra Nurdin Saat dikonfirmasi oleh awak media melalui WA, ia menjelaskan berdasarkan ketentuan Pasal 55 dan Pasal 56 Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah yang mengamanatkan terkait dengan dasar Hukum Penataan daerah diatur dalam Peraturan Pemerintah yang akan mengatur mengenai persyaratan serta mekanisme pembentukan dan penyesuaian daerah yang di sebutkan dalam poin 1 pada surat dari Kementrian Dalam Negeri. Dilansir Fokusparlemen.com melalui Baritorayapos.com, Senin, (17/9)

Ket Gambar : Surat terkait DOB Mendagri/Baritorayapost.IST

Hendra Juga Menambahkan Perihal Usulan Kota Panton Labu Menjadi daerah Otonomi Baru yang Merujuk Pada Pasal 33 ayat (3) Undang-Undang 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah Harus Memenuhi syarat Dasar dan PersyaratanAdministrasi adapun Administrasi yang dimaksud Meliputi, poin a.Keputusan Musyawarah Desa yang Akan Menjadi Cakupan Wilayah Daerah Kabupaten / Kota, dan poin b. Persetujuan Bersama DPRD Kabupaten/Kota Induk dengan Bupati/Wali Kota Daerah induk dan c. Persetujuan Bersama DPRD Propinsi Dengan Gubernur dari Daerah Propinsi yang Mencakupi daerah Persiapan Kabupaten /Kota yang Akan Dibentuk.

Ketua DOB Hendra Nurdin Mengharapkan Kepada pimpinan DPRK Aceh Utara untuk Segera Mengeluarkan Rekomendasi seperti yang Tertera dalam Poin.2 serta dilanjutkan Ke DPRA dan Plt. Gubernur Aceh ini harus Segera mendapatkan Tanggapan Rekomendasi Untuk Kelengkapan Administrasi Perlengkapan CDOB-PEMKOT Panton Labu, ia Juga Menambahkan Insya Allah Setelah Semua Rekomendasi Sudah Lengkap Dalam Beberapa Waktu Kedepan maka pada bulan Oktober Ini sudah selesai proposal kita registrasi ke Kemendagri di Jakarta.
Demikian kami sampaikannya ke Media, pungkas Hendra Nurdin. []

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *