Bupati Serang Resmikan Pengolahaan Sampah di Desa Kareo Kecamatan Jawilan

[foto:Ist]

FOKUSPARLEMEN.ID – Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah meresmikan pengelolaan Sampah Kareo Mandiri Sejahtera (KMS), (20/03/ 29), yang berada di Kampung Kareo Dukuh RT 01/01, Desa Kareo, Kecamatan Jawilan, Kabupaten Serang, Banten.

Hadir pula dalam peresmian tersebut, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Kepala Bagian Hukum Kab.Serang, Kepala Bappeda Kab.Serang, Kepala Dinas Kesehatan Kab.Serang, Kepala DPMD Kab.Serang, Kepala Diskopeerindag Kab.Serang, Ketua PMI Kab.Serang, juga dari unsur muspika yaitu Camat Jawilan, Kapolsek Jawilan, Danramil Kopo/Jawilan, Kepala UPTD Puskesmas Kec.Jawilan, Ketua MUI Kec.Jawilan, Ketua PMI Kec.Jawilan, Kepala Desa se-Kec.Jawilan, Ketua BPD se-Kec.Jawilan, dan perwakilan Pimpinan perusahaan se-Kec.Jawilan.

Dalam sambutannya Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah menyampaikan apresiasi kepada masyarakat Desa Kareo terkait kegiatan pengelolaan sampah dengan menggunakan mesin pencacah tersebut.

“apa yang dilakukan masyarakat Kareo ini perlu kita dukung, karena pengelolaan sampah ini ada di tingkat desa. Jadi masing-masing desa bertanggung jawab terhadap sampah yang mereka hasilkan. Bilamana sampah yang tidak bisa diolah, baru sampah tersebut dikirim ke TPSA yang kita siapkan, tapi alangkah baiknya diselasaikan di tingkat desa,” ujar Bupati di sela sela sambutannya.

“Masyarakat harus diberikan pemahaman terlebih dahulu cara memilah sampah. Bila ini dikelola di tingkat desa, mungkin lebih mudah. Antusias dari masyarakat luar biasa, sampai di bentuk forum kepedulian, dan kemanusiaan yang di dalamnya tentang kebersihan. Saya sangat menyambut baik dan apresiasi kepala Kepala Desa Kareo, dan beliau juga selaku Ketua Apdesi se-Kabupaten Serang sangat mensupport kegiatan ini,” imbuhnya.

Sementara itu, H. M. Santibi selaku kepala desa kareo mengatakan, bahwa dirinya dan atas nama Pemerintah Desa Kareo menyambut positif atas peresmian pengelolaan sampah ini. adanya kegiatan masyarakat dalam bentuk pengelolaan sampah disamping itu juga meningkatkan kebersihan, kesehatan dan kesejahteraan masyarakat.

Diharapkan melakukan aksi-aksi ramah lingkungan hidup seperti memilah dan membuang sampah pada tempatnya, menanam dan memelihara pohon atau juga menggunakan energi secara bijak.

“Sampah merupakan konsekuensi dan adanya kegiatan manusia yang begitu beragam, Jumlah atau volume sampah berbanding lurus dengan tingkat konsumsi barang yang kita gunakan sehari-hari dan jenis juga sangat tergantung dari materi yang kita konsumsi,” ujarnya.

Santibi menambahkan pula, bahwa dengan hadirnya Pengelolaan Sampah dengan mesin pencacah ini, diharapkan dapat menjadi barometer dalam mendekatkan pelayanan kepada masyarakat.

“Semoga dengan adanya Pengelolaan Sampah di Desa Kareo ini dapat membantu Pemerintah Kabupaten Serang dalam upaya mengelola sampah dan menghasilkan sumber daya manusia yang sehat dan berkualitas guna mendukung tercapainya visi pembangunan di Kabupaten Serang. Saya berharap kepada masyarakat, khususnya masyarakat Desa Kareo agar dapat meningkatkan kerja sama dalam pengelolaan sampah ini, serta menjaga dan merawat dengan sebaik-baiknya,” ujar nya kepada awak media.

Editor : (MIA)

Sumber :http://derapfakta.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *