Balon DPD RI Tukiman Disambut Antusias Nahdliyin Dharmasraya

DPD Independen, Berteman dengan Siapa Saja/Foto. Doc. Istimewa

FOKUSPARLEMEN.COM, DHARMASRAYA (Sumbar) – Bakal Calon Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD RI), Tukiman, disambut antusias Dewan Pengurus Cabang (DPC) Nahdlatul Ulama (NU) Kabupaten Dharmasraya di Pondok Pesantren Yayasan Tarbiyatul Athfal Dharmasraya, Jorong Tanjung Paku Alam, Nagari Koto Ranah, Kecamatan Koto Besar, Kabupaten Dharmasraya, Minggu (1/7).

Kedatangan Tukiman disertai Ketua Harian DPD Partai Golkar Dharmasraya Mulyadi, Wakil Ketua DPD Partai Golkar Dharmasraya Suhaili Alex. Rombongan disambut Ketua DPC NU Dharmasraya Nurkholidin, Sekretaris Faisin, Kasat Korcab Banser Heri Sulamto, GP Anshor, Banser dan Keluarga Besar Pondok Pesantren Yayasan Tarbiyatul Athfal Dharmasraya.

Dalam sambutan yang penuh kekeluargaan, Nurkholidin mengucapkan selamat datang kepada Tukiman dan rombongan. Pimpinan Ponpes tersebut mengaku telah lama mengetahui niat Tukiman maju ke DPD RI melalui tanda gambar sosialisasi yang tersebar di seluruh wilayah Dharmasraya. Nurkholidin juga mengaku salut dengan tagline Tukiman; “Anak desa ke DPD RI”, yang menurutnya mampu menjawab peran DPD RI untuk masyarakat Sumbar.

“Tukiman punya banyak saudara di Dharmasraya dan Sumbar tentunya. Kita tentu akan membantu saudara-saudara kita secara maksimal. Sebagai daerah yang telah terjadi pembauran, Kabupaten Dharmasraya akan menjadi salah satu daerah yang menjadi basis suara Tukiman. Lahir di Pasaman, dari orang tua keturunan jawa, dan menjadi ‘Sumando’ orang Solok, tentu menjadi nilai plus bagi Tukiman. Kami harapkan Tukiman untuk rajin bersosialisasi. Menjemput kembali persaudaraan dan kekeluargaan,” harapnya.

Dari perhincangan dengan Tukiman selama beberapa jam di kompleks Pondok Pesantren tersebut, Nurkholidin menyimpulkan Tukiman sebagai sosok anak muda yang kreatif, visioner dan enerjik. Meski meyakini suara Tukiman bakal melejit, Nurkholidin meminta Tukiman, tim dan simpatisan untuk tetap bersungguh-sungguh.

“Kita sangat bangga dikunjungi anak muda yang punya konsep, visi dan kematangan seperti Tukiman. Kita harapkan niat baik ini akan dikabulkan Allah, diberkahi dan bermanfaat bagi masyarakat luas. Sehingga, konsep-konsep keberadaan DPD bisa lebih difokuskan sebagai perwakilan keinginan rakyat dari daerah,” ungkapnya.

Sementara itu, Bakal Calon DPD RI, Tukiman mengaku sangat bersyukur dan terharu dengan sambutan tersebut. Tukiman juga mengenalkan dirinya sebagai warga Sumbar kelahiran Pasaman Barat, keturunan Jawa dan menjadi Sumando orang Solok. Dengan kerendahan hati, Tukiman menyatakan dirinya masih muda dan miskin pengalaman. Karena itu, dirinya akan selalu sowan ke seluruh sesepuh dan tokoh masyarakat di seluruh Sumbar.

“Suatu kenikmatan luar biasa bagi kami bisa bersilaturahmi dengan pimpinan NU di Dharmasraya. Keinginan saya maju ke DPD RI, berangkat dari aspirasi-aspirasi dari masyarakat. Kekuatan Sumbar adalah kombinasi Minang dan Jawa serta suku-suku lain yang telah sangat membaur. Suku Jawa merupakan suku terbesar kedua di Sumbar. Karena itu, harus ikut berjuang untuk kesejahteraan masyarakat Sumbar,” ujarnya.

Lebih lanjut, Tukiman menyatakan bahwa DPD bersifat independen. Sehingga, bisa merangkul semua pihak dan berteman dengan siapa saja. Ide yang dilahirkan adalah ide untuk masyarakat.

“Dharmasraya punya kekuatan sangat besar. Banyak potensi yang bisa didorong,” ujar Ketua Garda Desa Indonesia tersebut.

Ketua Harian Golkar Dharmasraya, Mulyadi, S.Ag, menyatakan silaturahmi untuk ukhuwah Islamiyah adalah amal ibadah. Menurutnya silaturahmi kepada ulama dan tokoh masyarakat sangat penting, sebab peran ulama dan tokoh sangat besar untuk kemajuan daerah dan peradaban.

“Pemuda yang visioner, kreatif, enerjik, sangat patut didukung untuk kemajuan. Tukiman membuktikan dirinya bisa duduk dengan siapa saja,” ujarnya. (ri/mi/rls)

Sumber : patronnews.co.id/2018/07/tukiman-disambut-antusias-nahdliyin-dharmasraya/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *