Aceh Tanggung Jawab Kita Bersama

Mustaqim Caleg DPRA Partai SIRA (Foto/Ist)

(Seri Wawancara Dengan Caleg Muda Partai Sira)

FOKUS PARLEMEN | Sepak terjang mustaqim dalam memberikan pandangan kontruktif terhadap pembangunan daerah sudah tidak diragukan lagi. Berikut seri wawancara media fokus parlemen terkait visi misi dan program kerja untuk memajukan Aceh jika terpilih menjadi anggota dewan perwakilan Daerah Aceh (DPRA) Dapil 1 (Banda Aceh, Aceh Besar dan Sabang)

Dalam sesi wawancara via sambungan telepon bersama media fokusparlemen.com berkesempatan mewawancara Mustaqim, juga selaku anak muda berpengaruh di provinsi Aceh khususnya membangun pondasi pemuda milenial yang saat ini di gaung gaungkan di tingkat nasional, berikut hadil wawancara tersebut, Minggu, (21/10).

Apa kira-kira yang melatarbelakangi Anda maju sebagai caleg DPRA ?

Begini. Sebaik baik manusiakan yang memberi manfaat dan mengantarkan kebaikan untuk sesama. Menjadi caleg adalah salah satunya, di samping juga meramaikan pesta domokrasi dengan ragam tawaran program pembaharu kepada masyarakat. Prinsip saya membangun Aceh itu tanggungjawab kita bersama, dimanapun, dan sampai kapanpun. Artinya sekecil apapun, mari berkontribusi untuk perbaikan dan perubahan di masyarakat.

Apa yang Anda tawarkan untuk masyarakat jika terpilih nanti?

Banyak, khususnya dalam pertanian kita akan rumuskan pengembangan terintegrasi dengan ekowisata dan peningkatan kapasitas dari masyarakat. Tawaran ini kita tranformasikan kedalam empat program utama, Pertama, mendorong pengembangan sektor pertanian lebih kompetitif dan dapat melahirkan satu desa satu produk unggulan. Kedua, mengembangkan potensi ekosiwasata yang terintegrasi dengan sektor pertanian. Pada poin kedua ini kita upaya lahirnya Qanun desa ekowisata dan rumusan Qanun hutan wakaf, untuk menjamin kelestarian lingkungan dimasa yang akan datang. Ketiga, Pelatihan dan pendampingan pengelolaan teknologi informasi bagi masyarakat desa. Program ini bertujuan mendekatkan jangkauan informasi kepada masyarakat, seperti beasiswa, dana hibah dan akses bantuan lainnya. Keempat, bank asprirasi. Kita upayakan terbentuk suatu wadah yang menampung aspirasi dan kemudian kita laksanakan bersama program aspirasi tersebut.

Bagaimana anda melihat masalah tantangan pembangunan Aceh dimasa yang akan datang?

Aceh kedepan menghadapi permasalahan dan tantangan baik yang bersifat lokal (daerah) maupun yang bersifat global. Karenanya penting caleg untuk penyusunan isu-isu strategis untuk memberi arahan dalam perumusan visi dan misi serta arah baru kebijakan pembangunan. Memerlukan perhatian dan fokus semua pihak dalam upaya mengimbangi dinamika perubahan dalam masyarakat. Strategi pengembangan harus menciptakan sinergi antar wilayah, antar sektor dan antar pelaku, sehingga dapat memberikan hasil-hasil yang efektif bagi peningkatan kualitas hidup masyarakat dan lingkungannya. Arah pembanguanan kedepan harus menempatkan manusia sebagai unsur utama, itu syarat utama mencapai taraf kelayakan. Kelayakan taraf hidup ini dapat dinilai dari tiga elemen, yaitu kelayakan pola hidup, kelayakan kualitas kesehatan, dan kelayakan moda transportasi untuk mendukung mobilitas orang.
Apa kira-kira masalah staregis kepemudaan dan perempuan sekarang?

Banyak sebetulnya, salah satunya yang paling strategis itu peredaran narkoba dikalangan pemuda. Sekarang hampir setiap minggu kita dengar pemberitaan penangkapan pengedar maupun pengguna narkoba. mirisnya kita sering dengar keluhan masyarakat, maraknya kaum remaja dan anak sekolah cenderung menggunakan narkoba jenis sabu-sabu dan ganja, secara dini perlu diantisipasi dan ditangani secara serius. Artinya perlu kita carikan model penguatan pendidikan agama sekaligus peningkatan pengawasan orang tua. Pada tingkat Desa kita bisa lahirkan Qanun dan aturan yang memberi efek jera pada pelaku. Kalau isu strategis perempuan itu masih terbatasnyaketerlibatan perempuan dalam pembangunan mempengaruhi percepatan dan pencapaian pembangunan yang efektif dan efisien, sehingga dibutuhkan penguatan sumber daya perempuan dalam mengakses berbagai aktifitas publik, termasuk kesadaran dalam berpolitik, jangan sampai kepentingan perempuan tercecer dalam pengambilan keputusan berkaitan dengan kebijakan publik.

Kenapa anda layak di pilih oleh masyarakat?

Ada empat alasan kenapa saya layak, atau dapat direkomendasikan untuk di pilih. Pertama, Muda. saya masih muda, masih bertenaga, bisa bekerja lembur dan secara fisik dan mental masih sangat baik. Kedua, berpendidikan, saya punya pendidikan kesarjanaan sosial politik dan sedikit banyak bidang pembangunan dan pemberdayaan masyarakat, jadi untuk urusan masyarakat sudah sedikit banyak tahu. Contoh misalkan peranan pemuda sebagai agen pembangunan belum diberdayakan secara optimal, sehingga belum mampu mengisi pembangunan disegala bidang. hal tersebut sering berimplikasi pada penyalahgunaan Narkoba, terjadi krisis moral dan etika dalam segala bidang dan menyimpang dari syariat islam. Ketiga, saya pekerja dan profesional. Saya sering terlibat beberapa LSM dan Organisasi. Selain itu terlibat dalam advokasi masyarakat, mulai dari kerusakan lingkungan, korupsi dan advokasi hukum terhadap masyarakat. Keempat, saya punya program yng di fokuskan pada pengembangan sektor pertanian, ekowisata dan akan membuat bank aspirasi. Beberapa program tersebut dapat diharapkan dapat di wujudkan dua tahun pertama. Nah kenapa saya mengusung program pengembangan pertanian, karena keluarga saya petani. Jadi persoalan petani seperti kepemilikan hak tanah, masalah bibit, pupuk, air di irigasi sedikit banyaknya pahamlah. Empat alasan ini merupakan modal saya di harapkan dapat memikat masyarakat untuk memilih saya. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *