Indonesia Kiblat Moderasi Beragama dan Berkah Untuk Dunia

Indonesia Kiblat Moderasi Beragama dan Berkah Untuk Dunia

Jakarta, Fokuspalemen.id — Terbukti berabad-abad bumi nusantara yang disebut Indonesia setelah diproklamasikan kemerdekaannya oleh para founding fathers pada tanggal 17 Agustus 1945 dan lahirlah bangsa dan negara kesatuan republik Indonesia yang berideologi Pancasila.

Keberagaman Indonesia yang kaya baik dalam konteks beragama, budaya, bahasa, suku dan etnis telah terbukti bisa dipersatukan dan jadi satu yaitu bangsa Indonesia oleh kekuatan ideologi Pancasila dan bahasa Indonesia sebagai pemersatu bangsa dan juga merah putih.

Energi yang ditawarkan dan diwariskan oleh para pendiri bangsa sungguh-sungguh menjadi rahmat dan karunia yang sangat luhur dan adiluhung dari generasi ke generasi. Generasi penerus bangsa khususnya generasi milenial harus mempersiapkan diri ditengah maraknya dan menjamurnya budaya impor agar tetap melestarikan, menjaga dan terawat keberagaman dan persatuan bangsa Indonesia.

Untuk itulah, sebagai generasi milenial Indonesia mutlak bertanggungjawab secara moral kepada para pendahulu untuk tetap, setia dan bangga atas keberagaman budaya, bahasa, etnis, suku dan bahasa yang tersebar dari Sabang sampai Merauke.

Hari ini tepat pada tanggal 13 Mei 2021 umat Islam merayakan Hari Raya Idul Fitri dan umat Kristen Protestan dan Katolik memperingati hari kebangkitan Isa Al-Masih. Kedua peristiwa perayaan maha agung ini tidak kebetulan melainkan atas karunia dan Rahmat Tuhan Yang Maha Esa atas rakyat, bangsa dan negara Indonesia.

Hal ini bisa dimaknai, bahwa bangsa dan negara Indonesia bisa tegak berdiri hingga hari ini dan sampai selama-lamanya dipengaruhi, diperkuat dan ditengarai oleh umat beragama di Indonesia yang beragam.

Sebab, hanya melalui ajaran agama masyarakat Indonesia bisa mengenal Tuhannya melalaui agama yang dianut. Sehingga sangat layak dan pantas warga dunia menjadikan Indonesia sebagai negara dan bangsa rujukan, kiblat, pusat dari moderasi beragama. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *