Pimpin Rapat dengan Kapolri, Senator Fachrul Razi Tegaskan Polri Presisi Berkeadilan Bagi Rakyat

Pimpin Rapat dengan Kapolri, Senator Fachrul Razi Tegaskan Polri Presisi Berkeadilan Bagi Rakyat

Jakarta, Fokusparlemen.id – Komite I DPD RI menggelar Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Kapolri dan Kejagung RI, Selasa, (9/2). Dalam rapat Ketua Komite I DPD RI Fachrul Razi kembali mempertegas Polri agar Presisi harus menyentuh rakyat kecil.

Selain itu, Senator Fachrul Razi turut menyoroti pelanggaran HAM berat baik dimasa lalu Era Konflik Aceh, Konflik Papua dulu hingga sekarang serta Pelanggaran HAM lainnya di seluruh Indonesia

“ saya pikir sebagai ketua komite I saya ingin sampaikan beberapa hal kepada kapolri dan Jaksa Agung terkait dengan penguatan polri presisi yang kita dukung dan kita apresiasi tentunya kita mendapat tantangan dengan adanya pelanggaran HAM dimasa lalu yang sampai sekarang belum selesai “. katanya.

Dilanjutkan Fachrul Razi pada paparannya, ” Oleh karena itu kita meminta kepada Kapolri baru dan jajaran untuk tegas dan transparan dengan perkara Pelanggaran HAM yang sedang berlangsung dulu hingga sekarang tahun 2020 serta 2021 “ jelasnya

Selain Pelanggaran HAM, Senator Fachrul Razi juga menyentil terkait tingginya praktek korupsi yang telah dilaporkan oleh LSM, Ormas, Kelompok Aktivis terkait Evaluasi anggaran Otsus Aceh dan Papua.

Jika merujuk pada Undang-undang nomor 21 tahun 2001, Otsus bertujuan meningkatkan taraf hidup, kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat; mewujudkan keadilan penerimaan hasil sumber daya alam; penegakan hak asasi manusia serta penerapan tata kelola pemerintahan yang baik, baik Aceh dan Papua.

“Namun praktik di lapangan disebut-sebut tak semanis yang tertera dalam aturan. LSM dan ormas yang selama ini peduli dengan Papua menilai kesenjangan masih tinggi, serta pelanggaran HAM kerap terjadi oleh aparat.”

Ketua Komite I Fachrul Razi Meminta Kapolri dan Jaksa Agung untuk mencari formula soal regulasi terbaik agar Dana Otsus tidak dikorupsi dan diawasi secara profesional dan proposional. Dana Besar Otsus itu bisa dirasakan oleh masyarakat, baik Aceh serta Papua secara keseluruhan. Tutup senator. (**)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *