Ayahanda Senator Muda asal  Sumsel ini Umumkan Positif Covid-19

Ayahanda Senator Muda asal Sumsel ini Umumkan Positif Covid-19

Ogan Ilir (Fokusparlemen) – Bupati Ogan Ilir Ilyas Panji Alam positif terjangkit virus Corona atau Covid-19. Dia mengundang para jurnalis ke rumah dinasnya di Kabupaten Ogan Ilir, Sumatera Selatan, untuk mengumumkan kondisinya terkini.

Bupati Ilyas yang juga ayahnda dari Senator DPD RI Sumsel Jialyka Maharani ini dikenalnya orang yang rajin dan disiplin menggunakan masker dan mengikuti protokol Covid-19. Namun, dia justru masih terpapar virus itu dan membuktikan penyebaran melalui udara (airbone) yang disebut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Dirjen Otonomi Daerah Kemendagri Akmal Malik menilai, butuh keberanian dan mental luar biasa mengumumkan terjangkit virus Covid-19.

“Butuh mentalitas yang kuat untuk mengumumkan seseorang itu terdampak ya,” kata Akmal saat dikonfirmasi, Selasa (28/7/2020).

Menurut dia, soal wartawan yang diundang ke kediaman Bupati Ogan Ilir, jika sudah menerapkan protokol kesehatan, maka tak masalah.

“Yang datang harus menerapkan physical distancing, menggunakan masker. Artinya boleh dong beliau conference, tetapi tentu jaraknya harus 1,5 meter. Enggak ada persoalan sepanjang masih dalam konteks protokol kesehatan,” ungkap Akmal.

Yang paling penting, kata dia, adalah bagaimana kepala daerah bisa melakukan protokol kesehatan yang benar untuk dipatuhi. Ini bisa jadi contoh untuk semua pihak. Karenanya bagus saat Bupati Ogan Ilir meminta orang yang kontak dengan dia, untuk memeriksakan diri.

“Itu langkah yang sangat bagus sekali. Itu yang saya katakan, Beliau memberikan contoh kepada publik bagaimana langkah-langkah yang dilakukan apabila seseorang terpapar. Tentunya orang-orang yang pernah terpapar harus memeriksakan diri, segera melakukan isolasi diri,” kata dia.

“Ini langkah bagus memberi warning ke semua pihak agar tidak menyebar lebih luas. Kita apresiasi apa yang dilakukan Bupati, tetapi sekali lagi harus diikuti dengan protokol kesehatan yang tepat,” kata Akmal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *