PROFIL WAKA III DPD RI SULTAN B NAJAMUDDIN, SENATOR PETAHANA KOKOH BUMI RAFFLESIA

PROFIL WAKA III DPD RI SULTAN B NAJAMUDDIN, SENATOR PETAHANA KOKOH BUMI RAFFLESIA

JAKARTA, (FOKUSPARLEMEN) – Jangan pandang Bengkulu sebelah mata. Di sana ada keajaiban Indonesia yang tidak ada di tempat lain. Bunga yang disebut terbesar di dunia, Rafflesia arnoldii! Jangan pandang Bengkulu ditenggara Kaki Pulau sumatra jika tidak mengenal lebih dekat Tokoh mudanya Sultan Bakhtiar Najamuddin atau dikenal dengan bang (SBN).

Masyarakat Bengkulu masih terkenang dengan kepemimpinan Sultan B. Najamudin, mantan Wakil Gubernur Bengkulu.

“Masa Depan” (The Future). “Dimulai dari mimpi atau cita cita pasti kita pikirkan apa yang kita inginkan dan kerjakan. Fokus kita harus selalu ke situ. Mulai dari situ, akan terbangun perencanaan perencanaan hidup yang baik,” ucapnya di SMA 3 Bengkulu Utara,

“Kita harus berkerja keras dalam mempersiapkan masa depan yang lebih baik. Senator Sultan mengajak dunia pendidikan pada hari ini berbenah agar mampu menghasilkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas dan tepat guna untuk pembangunan Propinsi Bengkulu”, ucap Senator Sultan B. Najamudin, Wakil Ketua DPD RI. Feedback Ucapannya ketika kunjungan ke SMA 3 Bengkulu Utara (18/1/2020).

Dari sekian nama kandidat Dewan Perwakilan Daerah (DPD), Sultan yang masuk radar rakyat Bengkulu, versi pooling di kawasan Bumi Raflesia.

Semata karena pengabdian dan keterpanggilan dia sebagai putra daerah. Sultan diketahui sudah pernah anggota DPD RI pada rentang waktu 2009-2013 untuk mengurusi komisi hubungan luar negeri. Diperiode 2019-2024 Puncak Karir Sultan tidak berhenti, ia di percaya menjabat Wakil Ketua III DPD RI sebuah pencapaian yang luar biasa diusia yang masih tergolong muda.

Dirangkum Fokusparlemen.id, Sultan, Pria kelahiran Anggut, 11 Mei 1979 itu juga pernah menjadi ketua KNPI Provinsi Bengkulu, kemudian namanya juga tercatat di beberapa pengurus organisasi diantaranya KONI, Kadin DKI Jakarta, Parfi dan lainnya.

Usia yang muda, tak menghalanginya terus berkarya di dunia politik, membangun jejaring di nasional maupun internasional.

Memiliki basis masa loyal yang susah untuk berpindah ke lain hati. Sosoknya yang mudah akrab dan ramah membuatnya mudah diterima semua kalangan masyarakat Provinsi Bengkulu.

Karena memang, Sultan punya sejarah yang lekat di Bengkulu. Ia cucu pendiri Bengkulu. Sang kakek, Sultan Yakoeb Bachtiar, tokoh sentral terbentuknya Provinsi Bengkulu.

Bengkulu resmi menjadi provinsi baru setelah berpisah dengan Provinsi Sumatera Selatan pada tahun 1968.

Sultan Bachtiar Najamudin adalah anak dari pasangan Najamudin dan Nuraini. Sejak kecil, Sultan Bachtiar Najamudin adalah seorang pekerja keras. Kedua orang tuanya adalah seorang petani.

Semasa sekolah, Sultan Bachtiar Najamudin selalu berprestasi menjadi juara kelas. 

Selain itu, selama di sekolah, ia juga sering menjadi Ketua OSIS. Setelah SMA, Sultan merantau ke Jakarta bersama kakanya untuk mengubah takdir.

Di Jakarta, berbagai macam usaha ia jalani. Ia pernah tidur di masjid selama di Jakarta. Tak hanya itu, ia juga pernah menjadi penjual makanan dan tukang AC keliling.

Berkat kerja kerasnya, ia menjadi pengusaha sukses dalam lingkup nasional dan internasional.

Kepiawaiannya dalam hal usaha selain kerja kerasnya sendiri juga karena ia memiliki seorang kakak dan keluarga pengusaha.

Ia memiliki kakek Wahab Alfian yaitu pemilik pabrik mobil Datsun dan pabrik perkapalan.

Sambil bekerja dan membangun wirausaha, Sultan melanjutkan pendidikannya hingga akhirnya mampu menyelesaikan pendidikan di S1 Universitas Indonesia dan melanjutkan program master di bidang sosial dan politik.

“Buatku, Bengkulu adalah pengadian,” ujar Sultan Najamudin, menegaskan. Pria yang dikenal idealis, bersih dan berpengalaman ini mohon suport dan doa-nya. “SBN is back, kembali mengabdi,” paparnya dengan sikap santun sebagai kata khas disaat kampanye Pemilu 2019 -2024 yang lalu.

Riwayat pendidikan

  • SD Negeri Gedung Agung Pino
  • SMP Negeri Ulu Talo
  • SMA Negeri 1 Manna
  • SMA Negeri 3 Manna
  • Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia (S-1)
  • Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama) (S-2)

Riwayat organisasi

  • Ketua KNPI Bengkulu
  • HIPMI Bengkulu (2011-2014)
  • KONI Bengkulu (2011-2013)
  • PARFI (2006-sekarang)
  • KADIN DKI (2003)
  • HIMA Fisip UI (2003)

Riwayat pekerjaan

  • Wakil Gubernur Bengkulu (2013-2015)
  • Anggota DPD-RI (2009-2013)
  • Komisaris Asa Karya Group
  • Pimpinan Perusahaan Majalah EKBIS
  • CEO Majalah Healt News

Sultan Bachtiar Najamudin adalah Putra terbaik Bengkulu yang mendapatkan suara tertinggi sejumlah 191.499. Ia juga sebelumnya pernah menjadi Wakil Gubernur termuda dan Senator termuda tahun 2009. Kini ia siberikan amanah menjadi Pimpinan lembaga tinggi DPD RI.  (**/MI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *