Senator Yance Samonsabra Meminta Kemensos Libatkan Pendamping dan Dinas untuk Menentukan Penerima PKH

Fokusparlemen.id, Sorong – Senator Papua Barat Yance Samonsabra, SH, M.Si, Komite III DPD RI yang membidangi Kesejahteraan sosial meminta Pemerintah pusat dapat mendata sepenuhnya keluarga harapan.

Menurut Senator tersebut Pendataaan Keluarga Harapan di Papua Barat saat ini hanya sebatas Validasi Data melalui Dinas sosial atau Pendamping PKH. ” Kami menyampaikan ke pusat bahwa kalo bisa pendataan keluarga harapan di berikan sepenuhnya kepada Dinas Sosial atau Pendamping PKH ” . ungkap Yance Samonsabra saat diwawancarai media, Rabu (3/6).

Tentunya kami mengharapkan agar Pendamping PKH jangan hanya sebatas memfalidasi data dari kementrian sosial. tapi Pendamping diberikan kewenangan langsung untuk melakukan pendataan. Tentunya Untuk menentukan siapa-siapa yang berhak melakukan pendataan itu harus mereka tahu karena mereka yang berada dilapangan bersama penerima manfaat program bantuan pemerintah.

” Harapannya pusat memberikan kewenangan ini kepada pendamping dan didukung oleh dinas terkait sehingga proses verifikasi data penerima manfaat betul-betul ditinjau langsung oleh Dinas dan Pendamping tidak berpatokan pada data BPS saja “. jelasnya.

Tentu Sistem penerimaan dana PKH itu butuh kerja aktif dari pendamping. Saya mengharapkan agar per 3 bulan sekali itu data di update. Tentunya kalau pendamping tidak mengupdate data maka masyarakat yang bersangkutan tidak dapat menerima bantuan PKH. Agar tidak membuat masyarakat bertanya-tanya terkait Bantuan PKH

Lanjutnya,  Pendamping bisa memberikan alasan ketika Bulan pertama ada yang ditransfer namun berikut Nya sudah tidak ditransfer Dan tentunya harus mensosialisasikan aturan hukum yang berlaku dengan kriteria Penerima manfaat PKH.

” Kemudian kami berharap kepada masyarakat Desa agar terlibat aktif dalam memfalidasi Data mereka agar semua orang bisa merasakan bantuan secara merata, kami DPD akan terus memastikan agar masyarakat betul-betul mendapatkan bantuan dari Pemerintah di tengah bencana Non Alam Pandemi Covid-19 “. tutup Senator Yance Samonsabra, SH, M.Si.  (**/mi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *