DPR RI imbau masyarakat terlibat awasi bansos

FOKUSPARLEMEN, JAKARTA – Tim Pelaksanaan Penanganan Bencana Pandemi Covid-19 DPR RI meminta Kementerian Sosial (Kemensos) dan pemerintah daerah terus melakukan perbaikan data penerima bantuan sosial. Sampai dengan saat ini, data masih menjadi persoalan dalam penyaluran bansos covid-19.

“Kami berharap Kemensos beserta pemda terus-menerus melakukan apa yang disebut data baru dari perkembangan yang ada,” kata Ketua Tim Pelaksanaan Penanganan Bencana Pandemi Covid-19 DPR RI, Muhaimin Iskandar saat kunjungan kerja ke Kementerian Sosial, Selasa.

Kunjungan tersebut dalam rangka memantau perkembangan penyaluran bansos covid-19. Sebagian besar anggota tim menanyakan tentang data penerima bansos yang masih bermasalah.

Dikutip dari Antara, Wakil Ketua DPR RI itu mengatakan, perbaikan data penerima bansos penting dilakukan agar tepat sasaran. Dengan demikian tidak akan terjadi tumpang tindih penerima bantuan.

Cak Imin berharap, kedepan penyaluran bansos tidak ada lagi warga yang berhak mendapatkan bansos, tapi tidak mendapatkan bantuan.

Menanggapi pernyataan Tim Pelaksanaan Penanganan Bencana Pandemi Covid-19 DPR RI yang meminta perbaikan data mengatakan, Menteri Sosial Juliari P Batubara mengatakan bahwa pihaknya akan bekerja lebih baik ke depan.

“Ini merupakan bentuk sinergi dan pengawasan dari legislatif,” kata Mensos seraya menambahkan untuk perbaikan data, Kemensos tidak turun langsung untuk melakukan verifikasi dan validasi, tapi hanya menerima data dari daerah.

Juliari juga mengatakan bahwa data yang diusulkan untuk penerima bansos di luar Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) tidak seluruhnya disetujui oleh Kemensos, karena bisa saja data itu tidak sesuai NIK atau namanya juga sudah menerima bansos reguler.  (**/ANTARANEWS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *